Senin, 14 Maret 2011

TIPS MENGHADAPI UJIAN PSIKOTEST

Pertama, Siapkanlah semua kebutuhan teknis ujian, seperti baju seragam, sepatu hingga alat tulis yang akan kita gunakan (pensil, pulpen, penghapus, dll). Jangan sampai kita direpotkan oleh perangkat teknis ujian tersebut yah.

Kedua, Berdoalah sebelum kita mengerjakan soal-soalnya, karena dengan berdoa kita akan lebih memiliki kekuatan mental saat menghadapi ujian. Berdoalah sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Ketiga, Bacalah terlebih dahulu segala petunjuk umum tentang pelaksanaan ujian psikotes itu.

Keempat, Bacalah soal-soal psikotes tersebut dengan cara membaca cepat (quicky reading). Berhematlah dengan waktu yang kita miliki !!!!

Kelima, Kerjakanlah soal dari depan dengan terlebih dahulu dengan menemukan soal-soal yang lebih mudah, dilanjutkan dengan soal yang susah. Jangan sekali-kali kita terpaku dengan satu soal yang susah karena berarti kita telah wasting time.

Keenam, Berilah tanda khusus pada soal yang belum berhasil kita jawab agar nanti kita tidak membuang-buang waktu dengan membaca soal yang sudah terjawab.

Ketujuh, Jangan sekali-kali kita bersikap sebagai pengecut dengan menyontek karya orang lain. Selain wasting time,  apabila ketahuan juga akan beresiko besar bagi diri kita sendiri.

Kedelapan, Hindari bertanya tentang hal-hal yang prinsipil kepada pengawas ujian karena akan merusak hasil ujian kita.

Kesembilan, Periksa kembali semua jawaban apabila kita telah menjawab semua soal dan masih ada waktu tersisa. Jangan sombong untuk langsung keluar ruangan agar dibilang cerdas. TIDAK ADA GUNANYA !!!! lebih baik kita berhati-hati dan memanfaatkan waktu yang ada.

Kesepuluh, Usahakanlah kertas jawaban kita rapi, bersih, dan terang.

Kesebelas, Apabila telah tuntas semua dan kita juga telah mengecek ulang jawaban-jawaban kita, keluarlah dari ruangan ujian dengan langkah tenang dan sopan.

Keduabelas, Bersyukurlah dengan keberhasil kita dalam mengerjakan soal  psikotes tersebut.


~~ GOOD LUCK, GUYS ~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar