Rabu, 30 Maret 2011

Teori Pertumbuhan Ekonomi Klasik



A.      ADAM SMITH
Pertumbuhan ekonomi di tandai dua faktor yang saling ROBERT SOLOWberkaitan yaitu pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan output. Ada 3 komponen yang saling mempengaruhi tinggi rendahnya outpu yaitu :
·         Sumber-sumber alam
·         Tenaga kerja
·         Jumlah persediaan barang modal

B.      ROBERT SOLOW
Pertumbuhan ekonomi akan ada apabila ada pertumbuhan output. Pertumbuhan output dihasilkan dengan mengkombinasikan factor modal (C), factor tenaga kerja (L) dan tekhnologi modern. Hal ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan Q = f (C.L).

C.      HARROD-DOMAR
Teori Harod – Domar menggabungkan paham klasik yang mementingkan penawaran (produksi) dengan teori Keyness yang mementingkan permintaan (konsumsi). Teori ini menggunakan beberapa pemisalan :
1.       Pada tahap permulaan perekonomian telah mencapai full employment
2.       Perekonomian terdiri dari dua sector yaitu rumah tangga dan perusahaan
3.       Fungsi tabungan di mulai dari titik nol, sehingga besarnya tabungan proposional dengan pendapatan
4.       Rasio modal produksi, yaitu perbandingan diantara pertambahan modal dengan pertambahan produksi adalah tetap
Investasi adalah merupakan pengeluaran tetapi di lain pihak akan menambah jumlah barang-barang modal di dalam masyarakat. Untuk menjamin agar barang-barang modal yang bertambah itu tidak menganggur, maka penambahan barang modal harus diimbangi dengan kenaikan pendapatan nasional yang sama besarnya

D.      J.A. SCHUMPETER
Menekankan pentingnya peranan pengusaha di dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Para pengusaha merupakan golongan yang terus menerus membuat inovasi (pembaruan) dalam kegiatan ekonomi, inovasi itu meliputi : memperkenalkan barang baru, mempertinggi efisiensi, memperluas pasar, mengembangkan sumber-sumber bahan mentah, mengadakan perubahan dalam organisasi untuk mempertinggi efissiensinya

1 komentar: