Sabtu, 26 Maret 2011

Jenis-jenis Karangan


A.    Eksposisi atau paparan
Pada karangan atau paparan ini kita menginformasikan atau menjelaskan sesuatu kepada pembaca. Seluruh fakta dan data yang dikumpulkan disusun agar masalah atau problem yang dihadapi jelas bagi pembaca. Tujuan itu adalah untuk menambah pengetahuan pembaca tanpa berusaha untuk mengubah pendirian atau mempengaruhi sikap pembaca.

B.     Argumentasi
Argumentasi adalah karangan yang berusaha untuk meyakinkan, membuktikan kebenaran suatu pernyataan, pendapat, sikap, atau keyakinan. Dalam karangan ini, suatu gagasan dan pernyataan dikemukakan dengan alasan yang kuat dan menyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh atau membenarkan pendapat yang diajukan.

C.     Persuasi
Jika pada argumentasi pembuktian kebenaran dinyatakan lewat proses penalaran yang sehat, persuasi berusaha membuktikan kebenaran atau merebut perhatian lewat penalaran yang kadang-kadang emosional. Contoh : karangan yang berbentuk persuasi bias kita jumpai pada bahasa iklan.

D.    Deskripsi
Deskripsi atau lukisan adalah suatu karangan menggambarkan suatu keadaan, kejadian, atau peristiwa sejelas mungkin sehingga pembaca mendapat kesan seperti melihat sendiri semua kejadian yang diceritakan itu. Untuk mencapai tujuan itu, perlu panca indra pembaca kita rangsang agar lebih menghayati apa yang kita hayati. Segala sesuatu yang kita amati dan kita hayati dapat menjadi deskripsi, misalnya kesibukan pasar, watak seseorang, dan sebagainya.

E.     Narasi
Narasi adalah suatu karangan yang mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa secara kronologis. Kejadian yang dikisahkan dapat bersifat fiksi atau factual, atau gabungan keduanya. Novel, cerpen, roman, drama adalah beberapa contoh karangan yang tergolong narasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar