Sabtu, 19 Maret 2011

Green House Effect


Global warming atau biasa  disebut dengan pemanasan global adalah kejadian meningkatnya suhu rata-rata bumi, atmosfer, dan laut.  Salah satu penyebab terjadinya pemanasan global karena adanya efek rumah kaca.  Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca itu sendiri ?????
Efek rumah kaca merupakan peristiwa terperangkapnya panas matahari dilapisan atmosfer bumi bagian bawah oleh gas-gas rumah kaca.  Contoh gas-gas rumah kaca yang menyebabkan global warming meliputi, karbon dioksida (CO2), metan (CH4), nitrat oksida (N2O), hidrofluorokarbon (HFC), uap air, dan klorofluorokarbon (CFC). Jumlah gas-gas tersebut terus meningkat setiap tahunnya akibat dari berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Mekanisme terjadinya efek rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.
Seharusnya , sebagain besar panas matahari dipantulkan ke luar angkasa tetapi karena ada nya gas – gas rumah kaca tersebut yang memerangkap panas di bumi dengan cara menyerap panas matahari dan memantulkannya kembali ke bumi yang menyebabkan suhu bumi meningkat sehingga terjadi pemanasan global atau global warming.
Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tahun 2007 menunjukan bahwa saat ini telah terjadi peningkatan suhu bumu yang signifikan. IPCC juga menyimpulkan bahwa peningkatan tersebut sangat mungkin disebabkan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan peningkatan jumlah gas-gas rumah kaca diatmosfer.
Contoh aktivitas manusia yang menyebabkan green house effect, yaitu banyak terjadinya pembakaran lahan, penggunaan lemari pendingin, air conditioner (AC), dan parfum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar