Sabtu, 02 April 2011

DUNIA KAMPUS = DUNIA KEMANDIRIAN


Dunia mahasiswa adalah dunia kemandirian,termasuk dalam hal belajar. Mandiri tidak dalam arti belajar sendiri, namun kita tahu kapan saatnya memanfaatkan sumber-sumber pendukung seperti teman-teman kampus, kelompok belajar, tutor, perpustakaan, literatur, media massa atau bahkan tetangga kos yang kuliah diperguruan tinggi lain. Kuncinya adalah inisiatif sendiri dalam belajar. Ini berarti kita mampu mengelola sendiri seluruh proses belajar dengan atau tanpa bantuan orang lain.
Bersikap rendah hati memang peril tapii jangan sampai rendah diri di hadapan teman-teman ataupun dosen, terutama pada saat di ruang kelas. Berusahalah untuk aktif bertanya dalam perkuliahan walau pertanyaan kita terkesan naif, jangan pernah menelan mentah-mentah apa yang disampaikan dosen. Kalau perlu beri tanggapan dan komentar berdasarkan logika yang diperoleh dari sumber-sumber kita sendiri.
Carilah teman sebanyak mungkin karena banyak temanakan mempermudah kita saat mendapat kesulitan.jangan malu untuk melakukan pendekatan ke mahasiswa senior, terutama untuk mencari gambaran awal seputar perkuliahan dan studi kita. Tak ada salahnya pula untuk menanyakan kepada mereka tipe dan karakter dosen dikampus. Mengikuti aktivitas organisasi kemahasiswaan akan memperkaya wawasan, pengetahuan dan pengalaman kita saat masuk dunia kerja nantinya.
Untuk mengatasi kejenuhan kita dalam belajar cobalah sesekali mencari suasana lain dengan pergi kea lam bebas seperti gunung, pantai atau tempat menarik lainnya. Tidak ada salahnya juga kita meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke mall atau café untuk melepas kejenuhan sekalian cuci mata hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar