Selasa, 08 Januari 2013

Kebijakan Nota Pelanggan Restoran

 Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis baru. Setiap hari, seluruh nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?

 

sebutkan siklus-siklus transaksi  bisnis yang terjadi pada umumnya pada suatu organisasi.Dan tuliskan kegiatan bisnis umum dan dokumen sumber yang dihasilkan pada masing-masing siklus transaksi tersebut..

Jawab

 

Alasan kegiatan tersebut bertujuan untuk membagi tanggung jawab kepada setiap masing-masing pegawai dengan tugas yang diberikan sesuai dengan tugasnya agar tidak terjadi kesalahan juga menghindari penyelewengan pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Kebijakan ini untuk membantu restoran mengendalikan kas yang masuk dengan
cara menyediakan informasi operasional terperinci tentang kinerja organisasi. Dua
jenis laporan manajerial yang penting yaitu sebagai berikut:
- Budget (laporan anggaran) : anggaran adalah ungkapan formal tujuan dalam istilah keuangan. Salah satu jenis yang paling penting dari anggaran adalah anggaran kas.
- Performance reports (laporan kinerja) : laporan kinerja merinci anggaran dan jumlah sebenarnya pendapatan dan pengeluaran, serta menunjukan pula penyimpangan atau perbedaan diantara kedua jumlah tersebut.

Siklus flochart penghasilan perusahaan


Sistem informasi akuntansi dalam siklus pendapatan merupakan salah satu dan keseluruhan sistem informasi akuntansi yang diterapkan oleh perusahaan. Dalam perusahaan yang pendapatannya berasal dari penjualan barang dan jasa sistem informasi akuntansi dalam siklus pendapatan ini sangat penting karena memberikan pengendalian intern yang memadai terhadap penjualan dan penerimaan kas pada perusahaan.
Siklus Pendapatan merupakan prosedur pendapatan dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai dengan penerimaan kas.
Tujuan siklus pendapatan yaitu memfasilitasi pertukaran barang dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan dengan kas yang dimiliki oleh konsumen.


Tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai perusahaan dalam pelaksanaan siklus pendapatan yaitu :
1. Mencatat permintaan penjualan secara tepat dan akurat
2. Memverifikasi kelayakan kredit konsumen
3. Mengirimkan barang atau memberikan jasa tepat waktu sesuai dengan perjanjian
4. Melakukan penagihan kepada konsumen pada waktu yang tepat dan dengan cara yang benar
5. Mencatat dan mengklasifikasikan penerimaan kas secara tepat dan akurat
6. Membukukan penjualan dan penerimaan kas kedalam akun konsumen dengan tepat
7. Mengamankan barang sampai dilakukan pengiriman kepada konsumen
8. Mengamankan kas sampai dilakukan penyetoran barang.
Dewasa ini hampir semua perusahaan menyadari besarnya peranan teknologi informasi dalam format bisnis yang dijalani. Berbagai macam proyek teknologi informasi mulai dari otomatisasi administrasi kantor (back office) untuk meningkatkan efisiensi sampai dengan pengembangan sistem front office yang bersifat strategis  dikembangkan  secara  simultan  dalam  portfolio  manajemen. Secara  umum  proyek-proyek teknologi informasi atau sistem informasi dalam korporat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang secara nature membentuk siklus tertentu seperti yang terlihat pada gambar berikut. Proses perencanaan dan pengembangan suatu sistem informasi dimulai dengan menganalisa kebutuhan bisnis atau manajemen perusahaan (Business Requirements Analysis). Ada dua tujuan utama dari langkah awal ini. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui posisi atau peranan teknologi informasi yang sesuai dengan perusahaan yang bersangkutan. Hal ini perlu diperhatikan mengingat bahwa teknologi informasi memiliki peranan yang unik untuk masing-masing perusahaan. Untuk retail banking misalnya, peranan teknologi  informasi  yang  dikembangkan  biasanya  bertujuan  untuk  menjaring  pelanggan  sebanyak-
banyaknya, atau lebih ditekankan pada fungsi-fungsi front office; sementara bagi corporate banking, mungkin peranan teknologi informasi hanya didominasi pada proses otomatisasi fungsi-fungsi back office. Dengan kata lain, hasil dari tahap ini adalah suatu pengertian mengenai posisi teknologi informasi yang paling tepat (appropriate) bagi perusahaan yang bersangkutan. Ini akan menjadi dasar utama pemikiran untuk pengembangan sistem informasi selanjutnya, terutama dalam hal penentuan besarnya investasi yang layak untuk dianggarkan. Tujuan kedua dari tahap ini adalah untuk mendefinisikan secara rinci jenis-jenis informasi  baik  yang  secara  taktis  maupun  strategis  dibutuhkan  oleh  manajemen  perusahaan  untuk pengembangan bisnisnya.
Setelah  kebutuhan  bisnis  didefinisikan,  langkah  berikutnya  adalah  melaksanakan  suatu  perencanaan strategis di bidang pengembangan teknologi informasi yang biasa disebut dengan Information Technology Strategic  Planning.  Output  dari  langkah  ini  sebenarnya  cukup  sederhana,  yaitu  blue  print  rencana pengembangan sistem informasi untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Di samping itu juga disusun teknik-teknik terkait untuk mendukung terselenggaranya implementasi proyek-proyek tersebut, misalnya format struktur organisasi yang diperlukan, metode kerjasama dengan perusahaan lain, skala prioritas, standar manajemen proyek, proses dan prosedur tender, dan lain sebagainya.









             Untuk mengelola sekian proyek teknologi informasi di dalam perusahaan - yang di satu pihak saling terkait satu dengan lainnya dan di pihak lain terdiri dari modul-modul yang terpisah (untuk keperluan divisi-divisi yang terpisah pula) - diperlukan suatu manajemen khusus untuk memantau pelaksanaan masing-masing proyek  dalam  portfolio.  Setiap  proyek  mulai  dari  tahap  perencaaan,  analisa,  desain,  konstruksi, implementasi, sampai pada tahap pasca implementasi harus dimonitor dengan sebaik-baiknya. Alasan pertama adalah untuk menjamin keberhasilan program-program yang ditargetkan sesuai dengan kebutuhan (terutama dari segi waktu dan biaya). Alasan kedua adalah untuk menjamin utilisasi pemakaian berbagai macam sumber daya (uang, waktu, manusia, kesempatan, informasi, dsb.) yang selain mahal, juga sangat terbatas keberadaannya. Alasan lain adalah untuk menjaga integritas seluruh proyek yang dikerjakan, agar tidak terjadi konflik kepentingan maupun redundansi pekerjaan. Proses berikutnya  dalam siklus pengembangan  teknologi informasi di perusahaan  adalah
manajemen proyek (Information Technology Project Management) itu sendiri. Secara garis besar ada tiga jenis proyek yang mendominasi kebanyakan perusahaan di Indonesia. Kelompok pertama adalah segala macam proyek yang berkenaan  dengan  konstruksi fisik  infrastruktur  teknologi informasi,  mulai dari instalasi kabel, pengadaan  komputer,  sampai  dengan  pembangunan  jaringan  komputer  semacam  LAN  atau  WAN. Kelompok kedua  adalah  implementasi  dari paket perangkat lunak  (application  software)  yang dibeli perusahaan,  mulai  dari  modul-modul  retail  seri  Microsoft  sampai  dengan  sistem  informasi  korporat setingkat SAP, Oracle, dan BAAN. Kelompok terakhir adalah yang biasa disebut dengan in-house custom development, yaitu berupa pengembangan perangkat lunak aplikasi oleh sumber daya manusia internal perusahaan, dengan cara menggunakan bahasa-bahasa pemrograman umum seperti Visual Basic, Cobol, RPG, dan Pascal, yang dikombinasi dengan sistem basis data semcam Microsoft Access, SQL Server, Oracle, atau Fox Pro. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah dipergunakannya secara disiplin dan konsisten  filosofi  manajemen  proyek  di  bidang  teknologi  informasi  untuk  masing-masing  jenis pengembangan yang secara nasional maupun internasional telah terbukti efektivitasnya. Setelah masing-masing proyek sukses dilaksanakan, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah teknik-teknik manajemen pemeliharaan sistem informasi yang telah dibangun dan diimplementasikan. Manajemen pemeliharaan  sistem (maintenance,  supports,  and  services)  tidak  hanya  yang  berhubungan  dengan bagaimana secara fisik memelihara infrastruktur yang ada dan selalu memberikan pelayanan kepada pengguna atau users secara memuaskan, tetapi lebih dari pada itu. Hal-hal seperti langkah-langkah yang harus diambil jika sistem harus dimodifikasi secara minor maupun besar-besaran, proses atau prosedur yang  harus  dilalui  jika  ada  permintaan  akan  informasi  yang  baru,  pengambilan  keputusan  terhadap anggaran yang harus disusun secara ad-hoc karena kebutuhan mendadak, pemberian pelatihan kepada karyawan (user) baru, merupakan contoh dari berbagai aktivitas yang harus jelas prosedur pelaksanaan dan pengelolannya.  Tidak  jarang  ditemui  perusahaan  yang  telah  mengeluarkan  biaya  pemeliharaan  yang ternyata jauh lebih besar daripada biaya pengembangan sistem komputer itu sendiri hanya karena tidak adanya manajemen pemeliharaan yang baik. Harap diingat bahwa unsur terbesar dari biaya pengembangan teknologi  informasi  yang  biasanya  tidak  diperhatikan  manajemen  perusahaan  adalah  hidden  costs sehubungan dengan kebutuhan pemeliharaan sistem.
Untuk  perusahaan  yang  sangat  menggantungkan  aktivitasnya  kepada  kehandalan  teknologi  informasi (perusahaan jasa seperti bank, asuransi, sekuritas, stock exchange, telekomunikasi, dsb.), perlu diadakan suatu analisa terhadap sistem teknologi informasi yang dimiliki saat ini berkaitan dengan resiko-resiko manajemen yang mungkin timbul di kemudian hari. Masalah-masalah seperti keamananan data atau sistem, kontrol internal terhadap penggunaan sistem, contingency planning jika ada komponen infrastruktur yang
mendadak rusak (misalnya jaringan telekomunikasi melalui satelit rusak, apakah ada penggantinya?), jalur komunikasi yang  mungkin disadap orang lain,  adalah contoh-contoh faktor  yang perlu  diperhatikan. Alasannya sederhana. Jika di perusahaan yang bersangkutan teknologi informasi merupakan komponen utama dalam menjalankan bisnis, sedikit saja kerusakan atau ketidaknormalan terjadi pada sistem terkait, akan memberikan dampak buruk yang secara signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan (tidak tertutup kemungkinan terjadinya kerugian bisnis secara besar dalam waktu singkat: bayangkan berapa nilai uang yang hilang jika satu jam sistem komputer dalam lantai bursa stock exchange mendadak rusak!). Proses terakhir yang terjadi dalam siklus pengembangan sistem informasi di perusahaan adalah apa yang sering dinamakan sebagai Information System Effectiveness Review. Dalam era globalisasi saat ini, alam persaingan bisnis terasa sedemikian beratnya. Untuk bersaing dengan kompetitor dalam industri sejenis, penawaran  barang/produk  atau  jasa  secara  lebih  murah  dengan  kualitas  lebih  baik  belum  cukup dipergunakan sebagai senjata utama. Hal lain yang menjadi kunci utama untuk dapat bertahan dalam abad

ini adalah kemampuan suatu perusahaan untuk beradaptasi secara cepat terhadap perubahan alam kompetisi yang juga bergerak sedemikian cepatnya. Bahkan untuk beberapa jenis industri hitungannya bisa per detik! Dengan kata lain, dinamika perubahan bisnis yang terjadi, yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap strategi perusahaan, harus selalu dikonfirmasikan dengan keberadaan atau eksistensi sistem informasi yang telah dimiliki. Sering terjadi kasus dimana kebutuhan perusahaan pada saat sebuah proyek teknologi informasi dimulai sudah jauh berbeda dengan kebutuhan bisnis ketika proyek tersebut selesai dilaksanakan (alias program perangkat lunak yang dibuat sudah tidak 100% sesuai lagi dengan kebutuhan  perusahaan).  Untuk  mengatasi  hal  ini,  manajemen  perusahaan  harus  secara  periodik  dan kontinyu  menilai  dan  menganalisa  tingkat  efektivitas  dari  teknologi  informasi  yang  dimiliki  dalam menjawab kebutuhan terkini (mutakhir) dari perusahaan. Harap diperhatikan bahwa teknologi informasi hanya merupakan aspek supply di dalam sebuah perusahaan, yang keberadaannya merupakan jawaban terhadap aspek demand, yaitu sistem informasi itu sendiri. Pada  akhirnya  siklus  pengembangan  teknologi  informasi  akan  kembali  pada  langkah  pendefinisan kebutuhan bisnis yang seperti telah dijelaskan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Bahkan tidak jarang dialami oleh beberapa perusahaan yang merubah strategi bisnisnya setelah melihat kesempatan-kesempatan pengembangan lain yang ditawarkan oleh teknologi informasi.
Dengan diketahuinya siklus ini, diharapkan para manajer sistem informasi  (Divisi EDP, Departemen Teknologi Informasi,  Bagian Pengolahan Data, dsb.) dapat dengan mudah memilah-milah dan menganalisa proyek-proyek yang ada dalam portfolio manajemen pengembangan teknologi informasi, sehingga bisa diketahui posisi evolusinya. Dengan mengetahui posisi tersebut, akan  semakin  mempermudah dalam melakukan  manajemen  masing-masing  proyek  atau  program  yang  telah  dicanangkan  perusahaan.  Di samping itu, siklus ini juga telah terbukti sangat membantu dalam hal pemberian batasan atau scope pengembangan proyek-proyek teknologi informasi yang melibatkan pihak-pihak eksternal perusahaan, seperti vendor, konsultan, rekanan bisnis, dan lain sebagainya. 
dan contoh lain lagi
 
Keterangan :
Gapok : Gaji Pokok
Jekel : Jenis Kelamin
Tunj. Klg : Tunjangan Keluarga
S : Single (belum menikah)
M : Menikah
 

dan ini hasil flochart nya 


isitu ada kondisional jika gol = 1 maka gapok adalah Rp 500.000 tetapi jika tidak akan masuk kondisional 2. jika tidak termasuk gol 1,2, dan 3 maka dapat dipastikan gapok adalah Rp 1.700.000

Kemudian kita diminta untuk menginputkan jenis kelamin dan setatus. Dari soal diketahui bahwa jenis kelamin wanita pasti tidak mendapatkan tunjangan keluarga, maka dari situ dibuat kondisional jekel=P ... ? jika jenis kelamin Pria maka kita akan dihadapkan pertanyaan lagi yaitu apakah anda sudah menikah, apabila menjawab sudah secara ototmatis anda mendapatkan tunjangan sebesar Rp 125.000 nah dari bagian atas yaitu menentukan gapok sedangkan bagian bawah menentukan tunjangan keluarga. Dari 2 hal tersebut dihitunglah total gaji yang akan diperoleh karyawan.